JALALUDDIN & NUR ATIKAH

Daisypath Anniversary tickers

QURRATUN A'YUN I

Lilypie Second Birthday tickers

QURRATUN A'YUN II

Lilypie First Birthday tickers

Wednesday, August 22, 2007

ayuh merayakan cinta- cara Al-Quran


Dengan Nama Allah Yang Maha Pemurah Lagi Maha Penyayang


Saya tintakan di sini, juzuk kecil, namun penting dalam maqalah ‘Wanita, Cinta dan Bidadari dalam Ayat-ayat Cinta’ oleh Salim A.Fillah- komen dari seorang penulis buku kekeluargaan di Indonesia tentang novel ‘ayat-ayat cinta’ karangan Kang Abik. Maqalah ini dimuatkan dalam satu dokumentasi panjang tentang ayat-ayat cinta yang ditulis oleh Anis Sirsaeba El-Shirazy-adik Kang Abik.


" Saya lalu terinngat pada beberapa undangan walimah di atas meja yang mencantumkan ayat Allah, Surah Ar-Rum, ayat 21:

- dan di antara tanda-tanda kekuasaanNYA ialah DIA menciptakan untuk kalian dari anfus (jiwa-jiwa) kalian sendiri, azwaaj (pasangan hidup), supaya kalian ber-sakinah kepadanya, dan dijadikan-NYA di antara kalian mawaddah dan rahmah. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir-

Saya pikir, inilah yang kita punya. Inilah manhaj yang seharusnya kita jadikan plot dalam merayakan cinta. Sedihnya, kebanyakan mereka yang mencantumkannya dengan tinta emas di atas undangan mewah tak menghayati maknanya. Ringkasnya, ada beberapa kata kunci yang saya tangkap dari ayat ini:

1-min anfusikum: dari jiwa-jiwa kalian.
Artinya, hal pertama yang dibicarakan Al-Quran tentang pernikahan manusia adalah KESEJIWAAN. Ruh itu, kata Nabi S.A.W seperti tentera. Jika kode sama, sandinya nyambung, meskipun belum saling melihat mereka pasti bersepakat. Jika tidak , ya tembak dulu,urusan belakangan. Sendinya saja sudah nggak nyambung sih. Nah, apa sih kode dan sandi untuk ruh? KOMITMEN KEPADA ALLAH DAN AGAMANYA. Itu saja. Itulah kesejiwaan. Apalagi komitmen yang lebih besar seperti KESAMAAN VISI UNTUK MEMPERJUANGKAN AGAMA ALLAH?

Komen pemilik blog: Sungguh, roh itu, sifat fitrahnya, cintakan Allah, cintakan agama, jadi untuk mencari titik persamaan yang pertama, adalah AGAMA, seperti saranan Rasululllah dalam memilih pasangan. Jika titik persamaan yang paling utuh ini dapat ditemukan, tentulah 2 jiwa bisa saja bersatu dengan serasi. Dan tentulah, kesamaan visi dalam memperjuangkan agama Allah adalah cantuman yang paling kuat untuk menyatukan 2 jiwa.

2-Min anfusikum. Azwaajan. Pasangan hidup.
Tak berlama-lama, sesudah kesesuaian jiwa, Al-Quran segera mengatakan bahwa mereka harus menjadi suami istri. Saya tergelitik dengan pesan Dave yang mengisyaratkan kuatnya komitmen mengalakan kekanak-kanakan jiwa. "orang selalu berpikir," kata Dave, "bahwa kita harus mencari pasangan yang tepat, maka hubungan akan berhasil. Aku ingin katakan, berhentilah mencari orang yang tepat, dan jadikan orang di samping anda yang memang hebat itu menjadi orang yang tepat!" Dave mengajari kita menjadi manusia yang lebih tinggi, yaitu manusia yang ‘menjadikan’, bukan sekadar mencari.

Komen saya: ya, konsepnya, kita perlu ‘menjadi’ bukan sekadar mencari. Jadilah yang terbaik, Insya Allah, yang terbaik juga akan datang dariNYA. YA Allah, kami memohon cintaMU, cinta mereka yang mencintaiMU, cinta mereka yang dicintaiMU, cinta mereka yang membawa kami menghampiri cintaMU

3-Litaskunu ilaihaa. Supaya kalian tenteram, tenang.
Padanya unik sekali, kata hubung yang dipakai adalah huruf lam ({li}) yang menunjukkan otomatis. Kata Allah, kalau pernikahan dimulai dari kesejiwaan, maka otomatis seorang suami akan merasakan ketenteraman pada istrinya, dan seorang istri akan merasakan ketenangan pada suaminya. Lhoh, kok banyak rumah tangga tidak sakinah? Mungkin karena tidak dimulai dari kesejiwaam sehingga untuk sekadar tenteram sahja ikhtiarnya harus luar biasa keras. Apa sih sakinah itu? sederhananya, sakinah inilah yang menyebabkan pernikahan disebut separo agama seseorang. Dengannya seorang insan bisa mengoptimalkan potensinya untuk menjadi ‘Abdullah (Hamba Allah), dan khalifah (pengelola nikmat-nikmatNya untuk kemaslahatan alam semesta). Tenteram karena gejolak shahwat telah menemukan saluran yang halal dan thayyib, tenang karena ada sahabat lekat yang siap mendukung perjuangan.

Komen pemilik blog: kata orang, di belakang kejayaan lelaki, ada wanita di belakangnya, begitu sebaliknya, di belakang kejayaan seorang wanita, ada lelaki di belakangnya. Kejayaan itu kejayaan apa? Manusia selalu melihat kejayaan dari aspek duniawi, kemashuran, kegemilangan. Dan sering kita terlupa kejayaan ‘di sana’ (Hayya ‘Ala Al-Falah).. Bukan kah di sebalik kejayaan di sana juga, separuhnya juga disempurnakan oleh pasangan, kerana pernikahan itu separuh dari agama. Dan firmanNYA
‘lelaki-lelaki yang beriman,dan perempuan-perempuan yang beriman itu, pembantu antara satu sama lain"

4-waja’ala bainakuma mawaddatan.
Kemudian apa yang harus diproses, diupayakan, yakni mawaddah. Apa itu mawaddah? Wah, bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris memang kekurangan kosa kata untuk cinta. Hanya cinta dan love. Padahal bahasa Arab punya empat belas. Nah, saya membandingkan pemaknaan Ibnul Qayyim Jauziyah terhadap mawaddah dalam buku Raudhatul Muhibbin dengan salah satu jenis cinta yang disebut Erich Fromm dalam The Art o Loving sebagai cinta yang erotis-romantis. Nah, ternyata bisa disejajarkan.Bentuknya bisa ekspresi yang paling batin sampai paling zahir, dari sifatnya emosional hingga seksual. Inilah mawaddah.

5-wa(ja’ala bainakum) rahmatan.
Yang harus diusahakan bukan Cuma mawaddah tapi juga rahmah. Ini juga cinta lho, bukan sekadar kasih sayang. cinta yang bagaimana? Cinta yang seperti lagu: kasih ibu kepada beta tak terhingga sepanjang masa.hanya memberi tak harap kembali, bagai surya menyinari dunia. Inilah cinta yang memberi (bukan meminta), berkorban (bukan menuntut), berinisiatif (bukan menunggu) dan bersedia (bukan harap-harap). Erich Fromm menyebutnya cinta keibuan .(Erich romm, The art of Loving,hlm.82)

komen pemilik blog: inilah konsep cinta tanpa syarat. Maka persoalannya, bolehkan kita terlalu obsesi pada cinta? (memberi,berkorban,berinisiatif,bersedia) Lalu ingin saya ingatkan di sini, cinta yang dibicarakan di sini adalah cinta selepas perkahwinan, dan kerana perkahwinn itu adalah ibadah, maka obsesi terhadap cinta, dengan berkorban,memberi, berinisiatif dan bersedia itu justerunya juga adalah ibadah (selagi meletakkan darjah cinta Allah dan RasulNYA di tangga teratas).

Nah, sekilas itulah alur peryaan cinta yang dituntunkan Al-Quran. Jika kita mendesain perayaan cinta dengan plot ini, tanpa bermaksud lancang pada Allah, saya berani menjamin bahwa dalam pernikahan kita bisa menemukan bahagianya merayakan cinta.
Nah, kok banyak pernikahan yang error? Biasanya karena plotnya kacau. Pernikahan tidak dimulai dengan kesejiwaan (tambahan saya-atau memilih kesejiwaan yang salah?), tapi justru dimulai dengan mawaddah. Sebelum menikah mereka sudah menikmati cinta yang erotis-romantis.

Perhatian, kado, bunga,coklat,kedekatan,khalwat,bersendirian,bersentuhan,pacaran. Itu semua mawaddah. Bahkan sms berisi nasihat ‘bertakwalah pada Allah, missedcall tahajjud, hadiah buku dan kaset nasyid berjudul jagalah hati, dan seterusnya, itu juga mawaddah. Bentuknya saja yang berbeda. Yang satu bunga dan coklat, yang lain buku dan kaset dakwah. Namun sensasi yang dirasakan oleh pemberi dan penerima sebenarnya sama: mawaddah.

Demi Allah, rasanya sama! Hayo ngaku! Nah, hati-hati dengan mawaddah. Biasanya meski engkau wahai aktivis dakwah memulai cintamu dengan kesejiwaan, jangan pernah coba-coba mencicipi mawaddah sebelum dihalalkan. Sebab, ia akan mengkaburkan kesejiwaan itu dan membuat segalanya berantakan.

Komen pemilik blog: teringat pesanan Ustaz Hasrizal (saifulislam.com) jangan berani-berani menghampiri seseorang jika anda belum bersedia meng’upgrade’ dirinya sebagai pasangan yang halal. Pun teringat satu ‘formula’ tentang cinta:
(Cinta = pengorbanan+tanggungjawab = perkahwinan)

Fitrahnya cinta itu menuntut pengorbanan dan tanggungjawab, justeru hanya ada cinta sejati dalam perkahwinan kerana ikatan yang bersaksikan nama Allah itu menjadikan tiap pengorbanan dan tiap tanggungjawab sebagai ibadah yang mebuka jalan Al-Falah di sana dan menyempurnakan separuh agama. Wallahua a’lam.

Sekian, saya memberi pandangan tentang cinta
Buat koreksi (muhasabah) diri sendiri
Buat koreksi semua
Untuk sebuah cinta
Yang ingin dimiliki
Bila masanya tiba nanti
Bila? (wallahu a’lam)

"(Luqman berkata) ‘Hai anakku, sesungguhnya jika ada (sesuatu perbuatan) seberat biji sawi,dan berada dalam batu atau di langit atau dalam bumi, nescaya Allah akan mendatangkannya (membalasinya) Sesungguhnya Allah Maha halus (meliputi sestiap sesuatu) lagi Maha Mengetahui" LUQMAN:16

Yakinlah..
Ya’ti bihallah.. Ya’ti bihallah.. Ya’ti bihallah
Wa
Innallaha Baaligu amrihi..



--
Nota kaki: edisi buku ini dalam bahasa Indonesia, maka saya tidak ingin menterjemahkannya, agar tidak terpesong dari maksud asalnya.

3 comments:

sai said...

waaa, tetiber guwe ngomong indonesea. ha3

Sarah Mohd Shukor said...

salam kak tikah,

best la kupasan ni. mmg sgt best. smpai pedih mata sy tekun membaca.

Anonymous said...

warhammer gold warhammer money warhammer accounts tibia money tibia gold tibia item runescape accounts buy runescape accounts runescape money runescape gold runescape gp runescape power leveling runescape powerleveling cheap rs2 powerleveling runescape equipment buy rs equipment runescape runes cheap rs2 runes runescape logs cheap rs2 logs runescape items buy runescape items runescape quest point rs2 quest point cheap runescape questpoint runescape gold runescape items runescape power leveling runescape money runescape gold buy runescape gold buy runescape money runescape items runescape accounts runescape gp runescape accounts runescape money runescape power leveling runescape powerleveling tibia gold dofus kamas buy dofus kamas wow power leveling wow powerleveling runescape questpoint rs2 questpoint Warcraft PowerLeveling Warcraft Power Leveling World of Warcraft PowerLeveling World of Warcraft Power Leveling Hellgate money Hellgate gold buy runescape logs buy rs2 items cheap runescape items Hellgate London gold Guild Wars Gold buy Guild Wars Gold runescape items rs2 accounts cheap rs2 equipments lotro gold buy lotro gold buy runescape money buy runescape gold buy runescape runes lotro gold buy lotro gold runescape money runescape gold cheap rs2 powerleveling eve isk eve online isk buy runescape power leveling rs2 power leveling tibia gold tibia item runescape accounts Fiesta Silver Fiesta Gold Scions of Fate Gold Hellgate Palladium Hellgate London Palladium SOF Gold Age Of Conan Gold AOC Gold ArchLord gold tibia money tibia gold runescape accounts runescape gold cheap rs2 powerleveling buy ArchLord gold DDO Plat Dungeons and Dragons Online Plat